KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR

 KELOMPOK 3

1.AZIS ARFIN DINATA

2.KEMALA DEVI FATYAYA

3.NURUL HIDAYAH

4.YESI NOVITASARI

5.ZIDAN IYAN FAJRI


YANG TERHORMAT IBU SELLY MAYLANA SELAKU GURU PENGAMPUH MAPEL:KOMPUTER DAN JARINGAN(KOMJAR)



MATERI

Keamanan Jaringan


KEAMANAN JARINGAN

Sistem keamanan jaringan adalah sebuah strategi yang digunakan dalam dunia keamanan siber. Dengan menerapkan sistem ini, diharapkan dapat meminimalisir hingga menangkal tindak kejahatan digital yang dapat menyerang baik perangkat, jaringan, maupun data kita.

Dalam pengoperasian sistem ini, terdapat 3 target yang ingin dicapai oleh sistem ini: availability, integrity, dan confidentiality.


TIPE SISTEM KEAMANAN JARINGAN

Terdapat 5 tipe sistem keamanan jaringan yang ada pada dunia keamanan siber saat ini yaitu:Network Security, Internet Security,Endpoint Security,Cloud Security,Application Security.


SISTEM KEAMANAN JARINGAN WOWRACK

Wowrack Endpoint Security memberikan sebuah solusi kemanan bagi bisnis yang membutuhkan tunjangan sistem keamanan jaringan. Memiliki tim support yang aktif 24/7 dan juga teknologi keamanan dan enkripsi terbaru yang ada saat ini, Wowrack dapat menjaga data digital bisnis anda dengan efisien, cepat, dan aman.


KEAMANAN JARINGAN INTERNET DAN FIREWALL

Firewall atau tembok-api adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman.

pengunaan firewall secara umum di peruntukkan untuk melayani :

•Mesin/computer setiap individu yang terhubung langsung ke jaringan luar atau internet dan menginginkan semua yang terdapat pada komputernya terlindungi. Jaringan komputer yang terdiri lebih dari satu buah komputer dan berbagai jenis topologi jaringan yang digunakan, baik yang di miliki oleh perusahaan, organisasi dsb.


FUNGSI FIREWALL ADALAH UNTUK:

•Mengatur dan mengontrol lalu lintas. Melakukan autentikasi terhadap akses. Melindungi sumber daya dalam jaringan privat. Mencatat semua kejadian, dan melaporkan kepada administrator


•JENIS FIREWALL DAPAT DIKELOMPOKAN MENJADI EMPAT YAKNI:

•Personal Firewall

•Network ‘‘’’Firewall

• IP Filtering Firewall

•Proxy Server


MATERI KE 2 YAITU KRIPTOGRAFI


DEFINISI

Kata kriptografi atau cryptography diketahui berasal dari bahasa Yunani, kripto dan graphia. Dimana kripto memiliki arti menyembunyikan, sementar graphia berarti tulisan. Sehingga bisa dijabarkan kriptografi merupakan ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berkaitan dengan aspek keamanan informasi.


Kriptografi bisa pula diartikan sebagai suatu ilmu atau seni menjaga keamanan pesan. Dengan dua proses dasar kriptografi berupa enkripsi dan dekripsi. Berikut pengertian tentang keduanya: Enkripsi Enkripsi merupakan proses mengolah plaintext (pesan yang bisa dibaca) menjadi ciphertext (pesan acak yang tidak bisa dibaca). Dekripsi Dekripsi adalah kebalikan dari proses enkripsi. Yakni suatu proses mengolah ciphertext menjadi plaintext. Proses ini berlangsung menggunakan kunci yang sama dan algoritma pembalik.


TUJUAN KRIPTOGRAFI DIGUNAKAN

•Empat tujuan dasar dari kriptografi, diantaranya:Kerahasiaan, Integritas Data, Autentikasi, Non Repudiasi.


•JENIS-JENIS KRIPTOGRAFI

•Algoritma kriptografi dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Simetris

2. Asimetris

3. Hibrid

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Topologi Jaringan

Instalasi Jaringan Local Area Network(LAN)

Jenis-jenis Kamera